Seputarmuria.com, PATI – Program Keahlian Farmasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cordova Margoyoso, Pati, melaunching logo baru dan branding produk “Surgi Joyo”, Sabtu (14/8/2021) yang dilaksanakan di aula sekolah secara terbatas.
Mengambil slogan “Kembali ke Kearifan Lokal”, logo baru Farmasi tersebut tercipta dari kombinasi dan stilisasi ornamen khas Kajen, di antaranya lambang dua naga yang merupakan ornamen Masjid Kajen.
Ketua jurusan Farmasi SMK Cordova, Zuliana Mufarrihah mengungkapkan bahwa logo baru tersebut telah pihaknya perkuat agar kembali ke jati diri khas Kajen.
“Kami terinspirasi dari sesepuh Kajen, yakni Nyai Alfiyah yang merupakan putri dari waliyullah Mbah Mutamakkin. Beliau merupakan herbalis abad ke-19 yang menjadi inspirasi kami,” ujarnya saat diwawancarai.
Selain melaunching rebranding logo jurusan, pihaknya juga meluncurkan logo dan merek produk farmasi yang mereka ciptakan.
“Selama ini produk kami sudah banyak, tapi pemasaran belum kuat karena belum punya branding. Hari ini kami luncurkan merek Surgi Joyo. Surgi diartikan Surga. Kemudian Joyo artinya kami harapkan produk kami bisa berjaya,” jelasnya.
Logo Surgi Joyo sendiri terbentuk dari ornamen sulur bunga yang meliuk berbentuk angka sembilan dan mekar di ujungnya. Angka 9 melambangkan 99 asmaul husna, dan sulur bunga yang mekar melambangkan husnul khotimah.
Sesuai semangat rebranding yang diusung yakni kembali ke kearifan lokal Kajen, dengan teladan sosok herbalis Nyai Alfiyah, Zuliana menjelaskan bahwa pihaknya lebih banyak menghasilkan produk herbal.
“Produk herbal kami antara lain ada sirup telang, sirup rosella, teh bunga telang, kunyit asam, serbuk jahe, dan serbuk temulawak. Kami juga punya produk salep herbal yang sudah dipasarkan ke 70-an pondok pesantren di Kajen,” jelasnya.
Zuliana menyebut, berbagai produk yang telah dihasilkan itu merupakan kombinasi antara guru dan siswa di Jurusan Farmasi SMK Cordova Margoyoso.
Sedangkan untuk pemasarannya, untuk saat ini baru terbatas di lokapasar (marketplace). Terlebih karena saat ini masih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
“Namun, sudah ada juga toko modern di Kajen yang menawarkan kolaborasi untuk pemasaran produk,” tandas dia.
Untuk diketahui, logo jurusan farmasi dan merek Surgi Joyo merupakan hasil karya pengajar Multimedia di SMK Cordova, yakni Mohammad Zuli Rizal. (Er)
The post Perkuat Jati Diri Khas Kajen, Farmasi SMK Cordova Pati Launching Logo dan Branding Produk Herbal Baru appeared first on Seputar Muria.