WARTAPHOTO.NET. PATI – Sebagai upaya meningkatkan penjualan dan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pati, pala pelaku usaha didorong untuk memperhatikan brand yang mereka punya.Hal ini diungkapkan oleh Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Pati Anjas Felady saat memberikan sambutan dalam Pelatihan UMKM di The Safin Hotel, Jumat (9/4/2021) pagi. Anjas menyebut, para pelaku usaha harus selalu konsisten dalam mengangkat merek. “Prosesnya tidak instan. Yang diangkat bukan hanya produknya saja, tetapi juga mereknya. Dia harus konsisten untuk mengangkat merek,” jelas dia dalam acara yang diselenggarakan oleh CSR Alfamart ini. Menurut Anjas, dengan mempunyai brand yang kuat, para pelaku UMKM tidak akan terpengaruh dengan kondisi pasar. “Jangan dikendalikan pasar tapi kita harus mengendalikan pasar,” kata pengusaha yang bergerak di bidang manufaktur ini. Namun menurutnya, pemerintah juga harus berperan penuh agar para pelaku UMKM dipermudah dalam mengurus perizinan. Baik pengurusan pembuatan sertifikat halal hingga izin edar. “Harapan saya pemerintah harus mendukung dan mempermudah proses-proses standarisasi. Proses standarisasi harus disosialisasikan mulai dari bawah samapi atas,” ujar dia. Mengenai Pelatihan uang diadakan, ia menyambut dengan baik. Dia menilai, kegiatan itu dapat meningkatkan standarisasi mutu produk UMKM di Kabupaten Pati.
Semantara itu, Regional Corporate Communication Manager Alfamart, Muhammad Faruq Asrori mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu langkah dalam mengayomi pelaku UMKM. Dengan pelatihan ini, diharapkan produk UMKM dapat bersaing dengan produk industri sehingga dapat dipasarkan di ritel-ritel modern. “Ini nanti tim kami menjelaskan bagaimana packaging (pengemasan) yang baik, kemudian sertifikasi halal, terus balai POM, sehingga produk-produk itu bisa dijual di toko modern,” ucap dia.Reporter : PutraEditor : Revan Zaen
Artikel Gandeng Alfamart, HIPMI Pati Adakan Pelatihan bagi Pelaku UMKM pertama kali tampil pada wartaphoto.net.